Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Silampari Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat



Universitas PGRI Silampari - Melaksanakan Tri darma perguruan tinggi menjadi kewajiban bagi seluruh dosen di Universitas PGRI Silampari yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tri darama ini wajib dilaksanakan pada setiap semester sebagai bukti kinerja dosen baik dalam maupun luar kampus. 

Ardayati, M.Pd dan Maria Ramasari, M.Pd. adalah dosen dari program studi pendidikan bahasa Inggris dengan tiga orang mahasiswa melaksankan tugas diluar kampus dengan  menjalankan program Pengabdian Kepada Masyarakat di STMIK BNJ Lubuklinggau pada 29 Juli -01 Agustus 2024,  adapun tema yang diberikan adalah :

PELATIHAN FUNDAMENTAL SPOKEN ENGLISH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRESENTASI SOFTWARE ( ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES: INFORMATION SYSTEM STUDENTS AT STMIK BNJ LUBUKLINGGAU)

 

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris tentang bagaimana mahasiswa Sistem Informasi mempresentasikan software dengan baik dan penuh percaya diri. Metode yang digunakan adalah drill dalam bentuk diskusi dan presentasi melalui pelatihan selama 4 pertemuan. Jumlah peserta pelatihan adalah 27 mahasiswa. Hasil PPM yang ingin dicapai yaitu terlaksananya pembelajaran tentang teori presentasi, praktik dan keahlian presentasi Bahasa Inggris.

 

Metode yang digunakan dalam melaksanakan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah diskusi dan presentasi dimana mahasiswa Sistem Informasi akan diberikan kesempatan untuk presentasi tentang produk teknologi yang telah mereka rancang di depan peserta lainnya . Untuk            mendukung     pelaksanaan pelatihan ini, tim penulis akan membagi pengabdian menjadi dua tahapan, yaitu tahap persiapan dan Pelatihan Fundamental Spoken English dalam Meningkatkan Kemampuan Presentasi Software ( English for Specific Purposes: Information System Students at STMIK BNJ Lubuklinggau)

 


Kursus Bahasa Inggris Lisan Dasar di STMIK BNJ Lubuklinggau berfokus pada mengajarkan siswa teori dan praktik penggunaan bahasa Inggris dalam presentasi perangkat lunak. Kursus ini mencakup topik-topik seperti pentingnya presentasi dalam bahasa Inggris, pentingnya bahasa tubuh, dan pentingnya memahami presentasi dalam bahasa Inggris. Kursus ini juga mencakup pentingnya komunikasi verbal dan non-verbal, penerapan teori presentasi bahasa Inggris, dan tiga teknik presentasi bahasa Inggris: pembukaan, penyampaian topik, dan penutupan.

Kursus tersebut diakhiri dengan sesi latihan, di mana siswa diminta untuk mengevaluasi keterampilan presentasi mereka menggunakan bahasa Inggris. Umpan balik telah diberikan, dan siswa diminta untuk memberikan umpan balik tentang kinerja mereka.



Kursus ini bertujuan untuk memberikan siswa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mempresentasikan produk perangkat lunak mereka secara efektif. Ini juga memberikan mereka tips dan trik untuk mempresentasikan perangkat lunak mereka dengan efektif. Kursus tersebut juga menekankan pentingnya memahami bahasa tubuh, kontak mata, manajemen ruangan, serta suara dan intonasi saat mempresentasikan perangkat lunak. Kursus ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan presentasi bahasa Inggris mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk mempresentasikan produk perangkat lunak mereka secara efektif.

Share:

No comments:

Post a Comment

Video

Popular Posts

Pageviews

Search This Blog

Sample Text